Diposting oleh , Tanggal 06 Desember 2009 dan waktu 9:55 PM dan Telah dibaca Sebanyak 10085 Kali

LATAR BELAKANG

Pemberlakuan Undang-undang RI Nomor 32 tahun 2004, tentang Pemerintah Daerah menuntut pelaksanaan Otonomi Daerah dan Wawasan Demokrasi dalam penyelenggaran pendidikan. Pengelolaan pendidikan yang semula bersifat sentralistik berubah menjadi desentralistik. Desentralisasi pengelolaan pendidikan dengan diberikannya wewenang kepada sekolah untuk menyusun kurikulumnya mengacu pada Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu pasal 3 tentang fungsi dan tujuan pendidikan nasional dan pasal 35 tentang standar nasional pendidikan, juga adanya tuntutan globalisasi dalam bidang pendidikan yang memacu agar hasil pendidikan nasional dapat bersaing dengan hasil pendidikan negara-negara maju.

Desentralisasi pengelolaan pendidikan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan kondisi daerah perlu segera dilaksanakan. Bentuk nyata dari desentralisasi pengelolaan pendidikan ini adalah diberikannya kewenangan kepada sekolah untuk mengambil keputusan berkenaan dengan pengelolaan pendidikan, seperti dalam pengelolaan kurikulum, baik dalam penyusunannya di sekolah.

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu, kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah dengan landasan Permen Nomor 6 Tahun 2007: perubahan Permen 24/2006, ang berbunyi :Satuan pendidikan dapat mengadopsi atau mengadaptasi model kurikulum tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah yang disusun oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional bersama unit terkait.

TUJUAN PENYUSUNAN KURIKULUM SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT

Tujuan penyusunan kurikulum SD Muhammadiyah Metro Pusat adalah untuk mengembangkan cita-cita luhur pendidikan Muhammadiyah yang bertumpu pada kebermaknaan pendidikan agama yang kuat, cerdas dan terampil. Kurikulum      SD Muhammadiyah Metro juga bertujuan mendukung terwujudnya visi Kota Metro sebagai Kota Pendidikan sekaligus sebagai acuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di SD Muhammadiyah Metro Pusat.

PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT

Pengembangan Kurikulum SD Muhammadiyah Metro Pusat yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Kurikulum SD Muhammadiyah Metro dikembangkan oleh satu tim penyusun yang terdiri dari unsur sekolah, komite sekolah di bawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan Kota Metro, serta dengan bimbingan nara sumber, pengembangan kurikulum ini didasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut:

1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya;

2.     beragam dan terpadu;

3.     tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;

4.     relevan dengan kebutuhan kehidupan;

5.     menyeluruh dan berkesinambungan;

6.     belajar sepanjang hayat, dan

7.     seimbang antara kepentingan nasional dan daerah.

Pengembangan kurikulum ini disusun juga didasarkan agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk : (a) belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

Kewenangan sekolah dalam menyusun kurikulum memungkinkan sekolah menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah dan kondisi daerah. Dengan demikian, daerah dan atau sekolah memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan hal-hal yang akan diajarkan, pengelolaan pengalaman belajar, cara mengajar, dan menilai keberhasilan belajar mengajar.

Pada akhirnya kurikulum ini tetap hanya sebuah dokumen, yang akan menjadi kenyataan apabila dilaksanakan di lapangan dalam proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran di kelas maupun di luar kelas hendaknya berlangsung secara efektif yang mampu membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak. Dalam hal ini para pelaksana kurikulum (guru) yang akan membumikan kurikulum ini dalam proses pembelajaran. Para pendidik juga hendaknya mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi anak, sehingga anak betah di sekolah. Atas dasar kenyataan tersebut, maka pembelajaran di sekolah dasar hendaknya bersifat mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak, efektif, demokratis, menantang, menyenangkan dan mengasyikkan. Dengan spirit itulah, kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di SD Muhammadiyah Metro Pusat.

STRUKTUR KURIKULUM

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa Struktur dan Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada jenjang pendidikan dasar dan menengah meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut:

1.    Kelompok mata pelajaran agama dan akhlaq mulia

2.    Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian

3.    Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi

4.    Kelompok mata pelajaran estetika

5.    Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan

Berdasarkan ketentuan tersebut di atas,  struktur Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD Muhammadiyah Metro Pusat adalah sebagai berikut:

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

 

I

II

III

IV, V dan VI

 

A.      Mata Pelajaran

 

1.     Pendidikan Agama

TEMATIK

5

 

2.     Pendidikan Kewarganegaraan

2

 

3.     Bahasa Indonesia

6

 

4.     Matematika

6

 

5.     Ilmu Pengetahuan Alam

6

 

6.     Ilmu Pengetahuan Sosial

3

 

7.     Seni Budaya dan Keterampilan

2

 

8.     Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

2

 

B. Muatan Lokal

 

 

1.     Bahasa Inggris

2

 

2.     Bahasa Arab

2

 

3.     Bahasa Lampung

1

 

4.     Kemuhammadiyahan

1

 

5.     Keterampilan Komputer / TIK

2

 

 

 

 

 

 

 

C. Pengembangan Diri

(2)

(2)

(2)

(2)

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

29

29

37

40

 

Keterangan :

1.   1 (satu) jam pelajaran alokasi waktu 30 menit untuk kelas 1

2.   1 (satu) jam pelajaran alokasi waktu 35 menit untuk kelas 2 dan 3

3.   1 (satu) jam pelajaran alokasi waktu 40 menit untuk kelas 4, 5, dan 6

4.   Kelas 1, 2, dan 3 pendekatan tematik

5.   Kelas 4, 5, dan 6 pendekatan mata pelajaran

6.   Tambahan maksimum 4 jam digunakan untuk tambahan mata pelajaran lainnya

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menegaskan bahwa kedalaman muatan kurikulum pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi pada setiap tingkat dan/atau semester sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar.

PENGATURAN BEBAN BELAJAR

Beban belajar yang digunakan adalah sistem paket sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum, yaitu:

Kelas

Satu Jam Pembelajaran TM/Menit

Jumlah jam Pembelajaran Per Minggu

Minggu Efektif Belajar Per Tahun Pelajaran

Waktu Pembelajaran/Jam Per Tahun

I

30

29

37

1073

II

35

29

37

1295

III

35

35

37

1295

IV

40

40

37

1480

V

40

40

37

1480

VI

40

40

37

1480


TINGGALKAN PESAN DISINI

z3pMl
 

Abdul Basit Amin 24-01-2017 12:04:42
Maaf tadz, penggunaan kurikulum 2006 atau 2013, terima kasih
mulyati, s.pd 17-10-2015 12:09:05
SD Muhammaadiyah very good, semoga sukses dan selalu menjadi SD favorit

Halaman : 1 Next->
Agenda Sekolah       Index
Kegiatan Class Meeting
Kegiatan Lomba Antar Kelas....
Penilaian Akhir Semester 1
Diikuti oleh seluruh siswa kelas I-VI....
Outdoor Learning
Diikuti oleh seluruh siswa kelas VI....
Mars SDMMP
Kalender Pendidikan
Kalender bulan Oktober, November, Desember 2017

Polling Management
Apa yang anda sukai di SD Muhammadiyah Metro Pusat?
Sekolah Unggulan
815(69.0%)
TOTAL1182
STATISTIK Pengunjung
Online : 2 Users
Total Hits : 1611758 Hits
Hari Ini : 504
Kemarin : 1473
Bulan Ini : 12482
Tahun Ini : 415849
Total : 606754
Hubungi Kami

 : Ka. Tata Usaha

 : Admin Sipinter

 

Komentar Pengunjung
  •   Alumni VI Yahya
      03:46:57 | March 26t
      Kangen masa masa sd.....

  •   made
      12:45:11 | August 6t
      good

  •   nur hafizha
      03:54:43 | July 11th
      :):):) ..kngen bnget SDM...

  •   Deny Juhri
      09:32:46 | March 13t
      kangen masa skolah lg td ktm dgn pak busro,pak zein n pak ekošŸ˜Šsmoga tmbh keyen n number one Kota Metro

  •   o
      09:37:45 | October 1
      n

  •   kaylla
      11:00:55 | July 6th
      Keren:)

  •   Desandra diva azahra
      06:50:28 | June 29th
      SDMMP GOOD:)

  •   timor mahendra n
      12:05:07 | June 9th
      subhanallah... sudah 20 tahun rupanya.. keren euy skrg...

  •   kireina nabilah annu
      11:11:12 | April 13t
      deg-degan bentar lagi UN:roll:

  •   salma mahfuzh
      01:59:12 | March 7th
      semangat belajar untuk angkatan 41. semoga ujiannya lancar.

  •   PAKAR
      07:54:06 | February
      sebentar lagi kita pasti kangen sama SDM

  •   Alumni VI Yahya
      04:51:15 | October 2
      Kangen SDM,, Pengen jadi anak sd lagi ;(:(:)

  •   tiara astana sashi
      01:50:33 | September
      kangen suasana waktu d SDM MP

  •   IV SULAIMAN
      10:38:25 | September
      SDMMP GOOD

  •   M.afif khairi
      05:15:37 | September
      kangen SDMMP ;(;(

  •   Adafi Imtiyaz A.
      05:42:38 | August 11
      kangen sdm sama temen2 and guru2 sd muh:(

  •   Rofi IV Isa
      05:49:52 | August 6t
      SDM kangen bnget sama teman teman kelas IV

  •   M. Iqbal khibransyah
      06:37:50 | July 26th
      Kangen banget SMA teman2 dan semua guru SDM..dan juga Pak Zaenal...

  •   Alumni VI Isa
      09:54:23 | July 21st
      Kangen temen2 sama SD Muh.. :( :( :S ;(

  •   nadia pramesti
      08:08:04 | July 5th
      kangen bgt ya allah :(:roll:



Isi Pesan Anda:
:) :D ;) :( :O :P :S :roll: ;( :@

Security : dG3Yt
2013 www.sdmmp.sch.id. All Rights Reserved.