Pada dasarnya strategi pencapaian tujuan yang dirumuskan dalam bentuk jangka panjang 15 tahun kedepan dan diuraikan dalam program kerja tahunan dibuat dalam rangka mewujudkan visi dan misi SD Muhammadiyah Metro Visi dan Misi serta tujuan yang disusun SD Muhammadiyah Metro mengisyaratkan adanya proses pengembangan secara bertahap dan berkesinambungan, sebagaimana tercermin dalam graik pencapaian tujuan sebagai berikut :

2004 - 2007
 
2007 - 2010
4 - 6
2010 - 2013
7 - 9
2013 - 2016
10 - 12
2016 - 2018
13 - 15
Fisik I dan Akademik Akademik dan Fisik II Mutu Lulusan Pengakuan Top One

Tahapan 2004 - 2007

Pada tahap ini adalah tahap penetapan pola dasar 15 tahun kedepan, dengan soliditas, dan kualitas, SD Muhammadiyah Metro menetapkan 3 tahun pertama untuk menyelesaikan kebutuhan fisik pendidikan. Sarana fisik yang ada (ruang belajar) disarankan sangat kurang dan sangat mendesak untuk segera dipenuhi. Dengan rasio kebutuhan ruang belajar 21 ruang hanya tersedia 14 ruang, belum lagi diperlakukan 1 ruang kantor, 3 ruang laboratorium dan 1 ruang perpustakaan. Semua kebutuhan tersebut idealnya segera untuk dapat dipenuhi sebagai salah satusyarat mutlak bagi terselenggaranya proses belajar dan mengajar yang ideal. Sehingga tidak salah kiranya pada 3 tahun pertama proiritas program diarahkan pada penuntasan kebutuhan sarana fisik (ruang belajar)

Namun seiring dengan itu peningkatan kualitas akademik pun tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Tuntutan peningkatan kualitas akademik menjadi sebuah keharusan yang mesti dipenuhi, tentunya dengan berbagai strategi pembelajaran yang harus disiapkan dan harus disiasati. Untuk itu pemenuhan terhadap perangkat pembelajaran seperti ruang audio visual (AVA), laboratorium dan perangkat pendukung lainya juga harus disiapkan.

Oleh karena itu tahap ini menjadi tahap yang paling berat, karena selain dituntut memenuhi pemenuhan kebutuhan sarana fisik yang akan membutuhkan banyak biaya dan curahan perhatian, di sisi lain harus memenuhi kebutuhan perangkat pembelajaran yang juga sedikit membutuhkan biaya.

 
Tahapan 2007 - 2010

Pada tahap ini lebih prioritas program sudah ditekankan pada pencapaian peningkatan kualitas akademik dengan menindak lanjuti tahapan sebelumnya. Dengan modal penambahan sarana fisik (ruang belajar) dan perangkat pembelajaran yang lebih memadai diharapkan proses belajar mengajar akan lebih berkualitas, yang ada giliranya out put yang dihasilkan juga berkualitas.

Pada tahap ini peninkatan sumber daya manusia (Pimpinan, Guru & karyawan) menjadi sebuah tututan kebutuhan yang harus dipenuhi selain juga harus memperhatikan beberapa perangkat pembelajaran yang mendukung yang juga harus disiapkan.

Peningkatan kualitas akademik disini sudah mengarah pada peningkatan mutu lulusan baik bidang akademik formal maupun kualitas pemahaman dan pengalaman keislaman dan kemuhammadiyahan.

Selain itu tahap ini merupakan tahapan penyempurnaan fisik, yang pada tahap pertama belum sampai pada tahap finishing. Sehingga diharapkan pada tahap ini kebutuhan sarana fisik tidak lagi menjadi kendala dalam proses belajar mengajar, dengan kata lain kebutuhan fisik sudah dapat terpenuhi. 

 
Tahap 2010 - 2013

Dengan mengevaluasi dua tahapan sebelumnya, pada tahap ini sekolah sudah konsentrasi penuh pada kualitas mutu lulusan, hal ini sangat dimungkinkan karena dua tahap persiapan fisik dan akademik, mampu menjadi tolak ukur, dan bekat untuk mewujudkan target mutu lulusan yang berkualitas dengan kata lain pada tahap ini diharapkan pembelajaran tuntas sudah dapat dilaksanakan dengan baik, tentunya dengan melaksanakan berbagai evaluasi, perbaikan dan pemahaman perangkat pembelajaran yang menyesuiakan dengan tuntutan kebutuhan saat itu.

Kualitas mutu lulusan ini diharapkan akan tercermin dari hasil out put siswa dengan capailah nilai rata-rata dengan keterserapanya alumni di SLTP favorite serta berbagai prestasi lain yang menunjukan adanya peningkatan mutu lulusan SD Muhammadiyah Metro.  

 
Tahapan 2013 - 2016
Pada dasarnya apa yang dilakukan dalam rangka pengembangan sekolah adalah bagaimana dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara, melalui pelayanan pendidikan yang baik dan bermutu. Bagaimana pelayanan bagi masyarakat terukur baik atau tidak, salah satunya dapat dilihat dari respon masyarakat yang positif ditantai oleh animo masyarakat yang tinggi untuk menyekolahkan putra putrinya di SD Muhammadiyah Metro. 
 
Tahapan 2016 - 2018

Tahap ini merupakan tahap pencapaian visi dan misi SD Muhammadiyah Metro. Kerja keras tahap demi tahap yang dilakukan harapannya dapat diwujudkan pada tahap ini. SD Muhammadiyah yang terunggul yang dicerminkan dengan prestasi akademik yang dilandasi dengan ahlakul karimah lingkungan disertai hubungan yang harmonis antar warga sekolah.

Akan tetapi untuk menjadi yang The Best bukanlah pekerjaan yang mudah di tengah berbagai fenomena kehidupan sosial kita sekarang ini. Keterlibatan semua pihak dan pemahaman akan pentingnya pendidikan dasar menjadi sebuah keharusan.

Pencanangan tahun 2018 adalah proses panjang yang Insya Allah realistis, karena pendidikan yang berkualitas tidak dapat bergulir begitu saja, akan tetapi membutuhkan suatu proses panjang dan berkesinambungan serta membutuhkan kerja sama antara sekolah, wali murid, siswa komite sekolah, dan seluruh civitas yang terlibat didalamnya.

Pada tahap ini dimungkinkan SD Muhammadiyah dapat berjalan pada sebuah sistem yang sudah tertata rapi dan terstruktur, dengan mengutamakan budaya mutu pada setiap komponen pendidikan yang terlibat di dalamnya, sehingga demikian setiap komponen akan dengan sendirinya dapat memahami kewajiban dan tanggung jawabnya yang terintegrasi dengan sistem yang ada di SD Muhammadiyah Metro.