Kegiatan Ekstrakurikuler

1. Sepakbola


Ekskul ini termasuk ekskul favorit di SD Muhammadiyah Metro Pusat. Di ekskul ini siswa dilatih secara sistematis, berjenjang, teratur dan berkesinambungan, di antaranya : Pembinaan Teknik, Pembinaan Pembentukan Fisik, Taktik/Strategi Permainan dan Peraturan Permainan. Prestasi yang ditorehkan pun sangat membanggakan baik tingkat kota maupun tingkat provinsi. Ekskul ini dapat diikuti oleh siswa mulai kelas 3 sampai kelas 6 yang dilaksanakan setiap Jumat di Lapangan 22 Hadimulyo.

2. Bulu Tangkis

3. Sepatu Roda

Ekskul sepatu roda atau lebih dikenal dengan nama inline skate merupakan salah satu yang terhitung masih baru di SD Muhammadiyah Metro Pusat, namun antusias dan minat siswa tergolong tinggi. Ekskul sepatu roda dapat diikuti mulai siswa kelas IV-VI. Jadwal kegiatan ekskul hari Jumat pukul 06.50-08.30 WIB yang bertempat di halaman Masjid Taqwa Kota Metro.Dalam kegiatannya siswa akan dibagi dalam beberapa kelompok mulai dari kelas pemula sampai kelas prestasi. Dalam kelas pemula siswa akan belajar dasar bermain sepatu roda. Siswa yang mengikuti kelas ini akan dipandu melalui tingkatan keahlian berbeda. Apabila siswa sudah menguasai keahlian-keahlian pada tingkat tertentu maka mereka akan dikenalkan dengan keahlian pada tingkat berikut. Ada 5 tingkatan keahlian berbeda yang memiliki tujuan agar peserta bisa menguasai berjalan, rem dan memutar dengan sepatu roda. Untuk kelas prestasi, diperuntukkan bagi siswa ingin menjadikan olahraga sepatu roda sebagai permainan yang serius dan turut serta dalam lomba-lomba bersala lokal, nasional maupun internasional.

4. Hizbul Wathan


Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Qabilah SD Muhammadiyah Metro Pusat adalah wadah penempaan, pembentukan dan pembinaan aqidah dan akhlak mulia sesuai dengan prinsip-prinsip Persyarikatan Muhammadiyah. Ekskul ini merupakan ekskul yang wajib diikuti siswa kelas III-VI. Waktu pelaksanaan kegiatan Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Metro Pusat setiap Jumat pukul 13.30 - 15.00 WIB di Kampus 1 dan Kampus 2. 

5. Seni Lukis


Ekskul Seni Lukis di SD Muhammadiyah Metro Pusat merupakan ekskul yang paling diminati siswa kelas I-II. Di ekskul ini, siswa tidak hanya diajari mewarnai gambar biasa, namun mereka sudah diajarkan mewarnai dengan teknik gradasi dan menggambar sebuah objek. Waktu kegiatan ekskul tiap Jumat pukul 06.50-08.30 WIB. 

6. Paduan Suara


Ekskul paduan suara di SD Muhammadiyah Metro Pusat diikuti oleh siswa kelas IV-VI. Latihannya dijadwalkan setiap hari Ahad pagi di Kampus 2. Materi yang diajarkan di antaranya latihan pernapasan dan pengambilan suara sebelum bernyanyi. Selain lagu wajib Indonesia Raya, lagu-lagu nasional juga diajarkan seperti lagu Sang Surya, Mars Ortom Muhammadiyah. Anggota yang masuk diekskul paduan suara ini merupakan hasil dari seleksi yang dilakukan diawal ketika baru masuk di ekskul ini. 

7. Seni Tari