Belajar tentang Sholat Jamak Qoshor

Penulis By Administrator   |   10 Maret 2020   |   dilihat 320 Kali

Kota Metro - Kegiatan Ismuba kelas 5 hari ini (10/3) bersama dengan ustadzah Khuliyah, S.Pd.I selaku guru Ismuba kelas 5. Adapun materi yang disampaikan tentang Sholat Jamak Qoshor.

Ustadzah Khuliyah menyampaikan bahwa menjamak sholat adalah melaksanakan dua shalat wajib dalam satu waktu. Seperti melakukan sholat Dzuhur dan sholat Ashar diwaktu Dzuhur dan itu dinamakan jamak taqdim, atau dilaksanakan pada waktu shalat Ashar yang dinamakan jamak takhir, atau menggabung pelaksanaan shalat Maghrib dan shalat Isya diwaktu Maghrib atau melaksanakannya diwaktu Isya. "Jadi sholat yang boleh dijama adalah semua shalat fardhu kecuali sholat Shubuh. Sholat subuh harus dilakukan pada waktunya, tidak boleh dijamak dengan sholat Isya atau shalat Dhuhur. Sedangkan masalah cara pelaksanaannya, kedua shalat yang dijamak itu dilaksanakan sesuai dengan rakaat biasanya tanpa dikurangi. Misalnya, sholat Dhuhur dan shalat Ashar yang dijamak, maka sholat dikerjakan empat rakaat, begitu juga dengan shalat Ashar," tutur beliau.

"Ada lagi istilah yang dikenal dan kadang dianggap identik dengan jamak yaitu qoshor. Kedua istilah ini terkadang dianggap sama oleh sebagian kaum Muslimin, padahal keduanya berbeda. Qoshar sholat, sebagaimana didefinisikan para Ulama yaitu meringkas sholat yang empat rakaat menjadi dua rakaat. Seperti sholat Dhuhur, Ashar dan Isya. Sedangkan shalat Maghrib dan shalat Shubuh tidak bisa diqoshor," tambahnya.

Setelah ustadzah menyampaikan tentang Sholat Jamak Qoshor, dilanjutkan dengan praktek dengan menjamak sholat Maghrib dan sholat Isya dan yang bertugas sebagai imam oleh ananda Muhammad Rifki Aunurrohman, Adzan ananda Ariyo, dan Iqomah ananda Farid. Semoga kegiatan ISMUBA ini dapat menambah wawasan keislaman siswa-siswi SD Muhammadiyah Metro Pusat. Aamiin (Isr)