Orangtua Perlu Mendampingi Anak Saat Bermain Gadget

Penulis By Administrator   |   13 Desember 2019   |   dilihat 332 Kali

Kota Metro - Dizaman sekarang dengan adanya teknologi yang canggih, tidak sedikit yang membuat anak terpengaruh dalam perkembangan teknologi. Berdasarkan survei, penduduk Indônèsia yang saat ini berjumlah 268 juta jiwa, jumlah pengguna gadgetnya mencapai 355 juta. Hal ini terjadi karena sebagian besar orang memiliki lebih dari satu gadget dan dari jumlah pengguna tersebut di antaranya adalah anak-anak. Hal ini terungkap saat kegiatan Penyuluhan  di SD Muhammadiyah Metro Pusat pada Kamis (12/12). 

Kegiatan bertempat di Aula Kampus 1, dihadiri oleh seluruh guru dan karyawan dan para undangan perwakilan dari wali murid. Adapun tema yang diangkat dalam penyuluhan ini adalah "Cerdas Dalam Mengawasi Penggunaan Gadget pada Anak". Bekerjasama dengan Mahasiswa FISIP Universitas Lampung, mengundang Ibu Cindani Trika Kusuma, M.Psi sebagai keynote speakernya . Beliau adalah seorang psikolog muda di Provinsi Lampung. 

Ibu Cindani (sapaan akrabnya) menyampaikan akan pentingnya pendampingan orangtua saat anak bermain gadget dan batasan penggunaannya pun juga perlu dilakukan agar anak tahu waktu saatnya belajar dan saatnya bermain. Jika hal ini dibiarkan, maka akan berdampak pada kesehatan mental anak akan terganggu. Motivasi belajar menurun, emosi yang tidak stabil, gangguan tidur, konsentrasi yang menurun sampai pada hambatan pada tumbuh kembang anak merupakan dampak terhadap penggunaan gadget yang berlebihan. “Saat ini penyakit yang lebih banyak menyerang adalah mental daripada penyakit fisik”, ungkap beliau.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Ustadz Budiyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi guru maupun orang tua dalam menyikapi dampak negatif penggunaan gadget pada anak. “Hal ini penting, agar sekolah bisa bersinergi dengan orang tua. Salah satu bentuknya adalah kegiatan penyuluhan seperti ini,” pungkas Ustadz Budiyanto. (Lfr)