logo SD Muhammadiyah Metro Pusat
  • Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung
Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung

Hukum Perayaan Ulang Tahun, Valentine dan Tahun Baru dalam Islam

Hukum Perayaan Ulang Tahun, Valentine dan Tahun Baru dalam Islam

Hukum Perayaan Ulang Tahun, Valentine dan Tahun Baru dalam Islam

Kamis, 24 November 2022 SD Muhammadiyah Metro Pusat mengadakan kegiatan kajian ke-Islaman yaitu  Penanaman Nilai-Nilai Dasar Ke Islaman (PNDK) yang diikuti oleh 242 siswa kelas VI. 

Pada kegiatan PNDK kali ini mengangkat tema Hukum Perayaan Ulang Tahun, Valentine dan Tahun Baru dalam Islam.dan selaku narasumber yaitu Ustadz Agus Pujianto, M.Pd. 

Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa moment penggantian Tahun Baru bagi sebagian orang terkadang dirayakan dengan hal hal yang kurang bermanfaat dan terkadang justru terkesan berfoya berfoya dan cenderung sia sia. 


Sebagai seorang pelajar dan seorang Muslim sebaiknya moment Tahun Baru bisa digunakan untuk evaluasi diri atas amal ibadah yang sudah di lakukan, memperbanyak istighfar, memperbanyak berdzikir dan amal amal ibadah lainnya untuk bekal di akhirat kelak. 

Di antara kebiasaan orang dalam memasuki tahun baru di berbagai belahan dunia adalah dengan merayakannya, seperti begadang semalam suntuk, pesta kembang api, bakar-bakar. Kebiasaan tersebut adalah kebiasaan kaum Majusi yang semestinya tidak diikuti oleh umat islam.


Sesuai hadits Rosulullah:

"Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk darinyaā€¯. (HR. Abu Daud) 

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman  siswa tentang hal-hal atau perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam.