logo SD Muhammadiyah Metro Pusat
  • Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung
Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung

Pesantren Ramadhan SD Muhammadiyah, Mencetak Generasi Unggul

Pesantren Ramadhan SD Muhammadiyah, Mencetak Generasi Unggul

Pesantren Ramadhan SD Muhammadiyah, Mencetak Generasi Unggul

SD Muhammadiyah (SDM) Metro Pusat menyelenggarakan pesantren Ramadhan pada Selasa (02/04/2024) di aula Kampus II SD tersebut. Acara ini mengambil tema "Mencetak Generasi Islam yang Beriman, Intelektual, dan Berakhlakul Karimah."

Dalam sambutannya, Wakil Kepala (WaKa) Bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Syaifudin Habib. S.Pd., menjelaskan bahwa dipilihnya tema tersebut untuk generasi unggul karena adanya inisiatif yang sangat positif dalam meningkatkan pemahaman dan praktik keagamaan, pengembangan kecerdasan intelektual, serta pembentukan karakter yang baik pada generasi muda Muslim.

Kepala sekolah SDM Metro Pusat, Ihwan, S.Ag., M.Pd., dalam sambutannya saat membuka acara tersebut, menghimbau agar anak-anak dapat mengikuti acara dengan baik. Selain itu, dia juga memberikan motivasi agar anak-anak tetap kuat dalam menjalani puasa Ramadhan. "Anak-anak dalam puasa Ramadhan ini kita harus ikhlas dalam menjalankannya, karena banyak sekali pahala dalam bulan ini," ujarnya.

Setelah pembukaan acara, selanjutnya penyerahan secara simbolis peserta dari WaKa Al Islam dan Kemuhammadiyahan ke Adzani Iqbal sebagai MoT acara.

Materi pada hari pertama disampaikan oleh Ustad Muhammad Isro, S.Pd, yang membahas mengenai Amalan dan Ibadah di Bulan Ramadhan. "Dalam bulan Ramadhan, amalan salah satu amalan yang paling penting adalah Puasa itu sendiri karena itu merupakan amalan yang wajib," ucapnya.

Ia juga mengutip ayat Al-Quran dari Surah Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi, "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Ia juga menambahkan bahwa amalan lain yang penting adalah shalat tarawih dan iktikaf. "Selain puasa, amalan lain yang sangat penting dikerjakan di bulan Ramadhan adalah iktikaf dan shalat tarawih. Apalagi di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, ada malam Lailatul Qadr yang mana malam tersebut lebih baik dari seribu bulan," tambahnya.

Acara tersebut diikuti oleh siswa kelas V SDM Metro Pusat yang berjumlah 225 orang. Acara pesantren Ramadhan akan berlangsung selama 3 hari dari hari Selasa sampai Kamis. 

Komentari Berita Ini:


Nama:
Email:
Website: (optional) Gunakan: http://
Komentar:
Security Code: Hasil 31 + 42 = ?

Copyright © 2024 SD Muhammadiyah Metro Pusat. All Rights Reserved.

Powered By CV. Naistudio